Harga Buah Impor Naik

Naiknya harga buah impor berdampak pada buah lokal. Hal ini dirasakan sejumlah pedagang buah di Kota Padang. Beberapa pedagang buah lokal merasa kesulitan mendapatkan stok buah lokal. Sebab, buah yang mereka dapatkan dari petani harus berbagi dengan toko buah dan swalayan.Sementara pembeli harus mengeluarkan uang ekstra untuk memenuhi kebutuhan terhadap buah yang ingin dikonsumsi. Sejumlah ibu mengaku kesulitan menyiasati lantaran banyaknya peningkatan harga akhir-akhir ini.

Store Manager Foodmart Padang, Haryono mengakui, beberapa hari belakangan, ia kesulitan mendapatkan buah impor. Sementara untuk buah lokal, belum bisa memenuhi standar. Naiknya harga buah impor dikarenakan pembatasan kuota impor buah oleh pemerintah dan biaya bea masuk yang melonjak drastis.

Lebih jauh Store Manager itu menjelaskan, salah satu sifat buah lokal yang gampang layu dan busuk membuat pihaknya sedikit kesulitan. Tingginya pasar buah impor yang mendongkrak buah lokal semakin membuatnya kesulitan memenuhi permintaan pelanggannya.Harga jual buah impor sejak beberapa pekan terakhir naik signifikan. Kenaikannya yang hampir mencapai 100%, membuat pedagang menjerit. Salah satu contoh kenaikan harga yang drastis itu terlihat pada apel impor. Saat ini, harga jual apel impor pada level peritel mencapai Rp75 ribu/Kg. Sebelumnya, harga jualnya sekitar Rp35 ribu/Kg.Begitu juga dengan buah impor lainnya, juga mengalami kenaikan drastis, seperti anggur. Buah anggur kini senilai Rp50 ribu per kilogram, sebelumnya, Rp30 ribu.

Ada acara di kota Pekanbaru Bertuah dan membutuhkan catering Pekanbaru kontak kami ya.
Haryono berharap pemerintah bisa lebih mengakomodir kesiapan para petani buah, mulai dari stok, dan kualitas yang sama dengan buah impor agar bisa memenuhi pasar buah. Dengan begitu tidak akan ada ketidakstabilan harga buah di pasaran.Naiknya harga buah impor juga berdampak langsung pada sejumlah buah lokal. Terdongkraknya harga buah lokal dikarenakan permintaan pasar yang tinggi.(tim/zamrudtv)

0 komentar:

Posting Komentar