Restoran Siap Saji Wajib Pasang Informasi Kalori

Kementrian Kesehatan mewajibkan seluruh restoran siap saji yang telah memiliki 500 gerai untuk memasang poster tentang kandungan kalori di makanannya. Kewajiban itu tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes No.30 Tahun 2013) yang baru akan diterapkan pada 2016.

Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes Dr Ekowati Rahajeng, SKM M.Kes, mengatakan, maksud dari aturan tersebut untuk mencerdaskan masyarakat terhadap pola hidup sehat melalui asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sehingga bisa mencegah atau mengurangi hipertensi, diabetes, obesitas, displipidemia.

Menurut Dr Ekowati, dari penelitian ternyata ada salah satu sajian makanan siap saji yang memiliki 1.700 kalori. "Itu hanya dari satu macam sajian," katanya dalam acara Edukasi Kesehatan Jantung oleh SOHO Better U Group di Jakarta, Rabu (25/9).

Ekowati menjelaskan, dengan mencermati informasi kandungan kalori itu masyarakat mampu membatasi konsumsi bahan makanan seperti gula, garam atau lemak yang terdapat dalam menu tersebut.

"Misalnya, kandungan gula dalam makanan ini sudah sebesar ini, artinya saya tidak boleh lagi mengkonsumsi atau membatasi gula dari makananlainnya," jelas Ekowati.

Ekowati menolak menyebutkan produk siap saja mana yang wajib menjalani aturan tersebut. Namun dia menyebutkan Kementrian Kesehatan sudah memiliki data, makanan siap saji yang memiliki 1.700 kalori dan tempat gerai yang menjualnya. (sumber:zamrudtv.com) - Gloria Catering Pekanbaru

0 komentar:

Posting Komentar