Selada Air Bisa Bunuh Sel Kanker Payudara

Tidak banyak yang tahu, jika tanaman selada air bisa membantu pengobatan kanker payudara. Senyawa di tanaman itu bisa menekan perkembangan sel kanker payudara.

Sebuah studi di University of Southampton dan dipublikasikan di British Journal of Nutrition, menyebutkan Isothiocyanate phenylethyl yang berada di senyawa tanaman selada air bisa menekan perkembangan sel kanker payudara.

Disebutkan, selada air bekerja dengan mematikan sinyal di dalam sel yang memancing pertumbuhan sel kanker. Ketika tumor dan kanker mencegah suplai darah, senyawa yang terkandung di dalam selada air akan mengirimkan sinyal pada sel normal untuk terus memberi oksigen dan nutrisi.

Senyawa dalam selada air akan mengganggu sinyal sel kanker tersebut. Dia akan mencegah sel-sel kanker yang memblokir darah dan oksigen di dalam tubuh seseorang.

Sebuah studi menemukan senyawa tanaman selada air juga efektif menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan usus besar. Dalam studi diketahui sekelompok kecil penderita kanker payudara diminta makan semangkuk selada air, kemudian darah mereka diuji klinis 24 jam ke depan.

Para peneliti menemukan tingkat signifikan dari senyawa tanaman tersebut dalam melancarkan darah setelah makan selada air. Fungsi sinyal dari tanaman ini juga terukur memengaruhi sel darah wanita. Para peneliti menyimpulkan dam percaya bahwa banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menemukan dampak langsung selada air untuk mengurangi risiko kanker.

Selada air merupakan sejenis kubis atau keluarga silangannya. Meskipun jauh lebih halus dari kerabat kale, brokoli, arugula, dan sawi, selada air menawarkan banyak manfaat kesehatan yang sama, khususnya kaya antioksidan.

Beberapa studi menunjukkan bahwa makan brokoli dan selada air menurunkan risiko kanker payudara. Selada air merupakan sumber kalsium yang kaya akan zat besi, seng, kalium dan magnesium. Ia juga menyediakan vitamin C, A, E, K, dan B, termasuk folat.

Selada air telah direkomendasikan untuk meningkatkan kesehatan mata karena mengandung pasokan kaya akan karotenoid 2, lutein, dan zeaxanthin yang melindungi mata dari ancaman katarak. Selada air juga membantu menormalkan kolesterol dan tekanan darah, pembersih darah, dan penyegar napas.

Di Mesir Kuno, selada air disediakan untuk meningkatkan stamina tentara. Beberapa suku di Afrika percaya bahwa tanaman ini bersifat afrodisiak.

Selada air dapat digunakan untuk salad dan sup, juga pelengkap sandwich. Tanaman ini banyak tersedia di pasar, kadang-kadang juga ditemukan sebagai tanaman hidroponik. (rol/tim/zamrudtv.com)

0 komentar:

Posting Komentar