JABOTABEK Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp90 Ribu per Kg

HARGA cabai rawit merah di sejumlah pasar di Jakarta dan Bekasi beberapa hari terakhir melonjak 25% hingga 30% jika dibandingkan dengan kondisi normal. Berdasarkan pantauan di Pasar Kranji dan Pasar Baru, Kota Bekasi, kemarin, cabai rawit merah diperdagangkan dengan harga Rp90 ribu per kilogram (kg). Padahal, sebelumnya hanya Rp60 ribu.

Bahkan, jika dibandingkan dengan beberapa pekan lalu, harga tersebut mengalami kenaikan lebih dari 150%, karena ketika itu komoditas tersebut diperdagangkan dengan harga Rp35 ribu per kg.
Tingginya harga cabai merah membuat para pedagang mengeluh lantaran volume penjualan menurun. “Hampir sebulan harga naik terus. Kalaupun ada yang beli, paling cuma beli 1 ons, tidak sampai sekilo,” keluh Wagimen, salah seorang penjual cabai di Pasar Baru Bekasi, kemarin.

Hal sama juga dikeluhkan, Nur, 48, pedagang cabai di Pasar Kranji.
Agar cabai tetap terjual dalam jumlah banyak dengan harga tidak terlalu tinggi, ia menyiasatinya dengan mengoplos cabai rawit merah dan cabai rawit hijau. “Biasanya cabai rawit merah saya campur dengan cabai rawit hijau dan saya jual dengan harga Rp70 ribu per kilogram,” tuturnya.

Saat menanggapi kenaikan harga cabai di Kota Bekasi, Kepala Dinas Perekonomian Rakyat Cecep Suherlan mengatakan pihaknya akan terus mengawasi harga salah satu jenis bumbu tersebut.

Sementara itu, harga cabai rawit merah di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, berada di kisaran Rp75 ribu hingga Rp80 ribu per kg. Ujang, salah seorang pedagang, mengatakan cabai diperolehnya dari Cibinong, Bogor. Bila di Cibinong sudah mencapai Rp90 ribu, mungkin ia akan menjual Rp100 ribu per kg.

Di Pasar Koja, Jakarta Utara, harga cabai rawit merah juga naik, dijual Rp80 ribu dari sebelumnya Rp65 ribu per kg. (Gan/ Nel/Ths/J-4/MEDIA INDONESIA,29/03/2014,HAL:8)

0 komentar:

Posting Komentar