Ombre Deco Roll

Bahan

  • 13 butir telur 
  • 35 gram gula pasir 
  • 40 gram minyak sayur 
  • 60 cc air 
  • 1/5 sdt vanila 
  • 80 gram tepung terigu

Bahan 2 :
  • 3 butir putih telur 
  • 10 gram tepung maizena 
  • 30 gram gula 

Untuk dekorasi/warna 2 butir putih telur chocoart orange 4 sdm adonan bahan 1 Filling 150 gram whiptop dessert 100 gram cream cheese 1 sdt Fiesta icing sugar 1/5 sdt Vanila Grated lemon zest 4 sdm juice lemon Air es Buah stroberi.

Cara Pembuatan:
  1. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat celsius. Siapkan loyang ukuran 30x30 cm, olesi dengan mentega di alas dan pinggiran loyang. Pasang kertas roti pada alas loyang dan buat motif atau garis diagonal/menyilang.
  2. Adonan bahan 1 Kocok putih telur dengan gula pasir hingga mengembang kental, kecepatan sedang. Tambahkan minyak sayur, kocok hingga rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Masukkan terigu dan vanila sambil tetap dikocok dengan kecepatan sedang. Kocok hingga rata, sisihkan.
  3. Adonan dekorasi/warna Kocok putih telur hingga mengembang kental. Ambil adonan bahan 1 sebanyak 4 sdm, masukkan ke adonan dekorasi dan diaduk hingga merata. Bagi menjadi empat bagian, tambahkan chocoart orange ke tiap bagian dan aduk rata hingga didapatkan empat warna oranye, pekat hingga muda.Masukkan ke dalam piping bag.
  4. Gambar garis diagonal di loyang berurutan dari warna oranye paling pekat ke yang paling muda hingga seluruh permukaan alas loyang tertutupi. Panggang selama 1 menit, keluarkan, biarkan.
  5. Adonan bahan 2: Kocok putih telur dan gula hingga mengembang kental.
  6. Ambil adonan 2, masukkan ke bahan 1, aduk hingga rata. Ambil loyang yang telah diberi motif atau dekorasi, tu angkan adonan di atasnya dan pastikan merata ke seluruh permukaan loyang, bisa dihentakkan secara perlahan.
  7. Panggang dengan suhu 170 derajat celsius selama 18 menit hingga matang. Setelah matang, keluarkan cake dari loyang dan kertas roti dilepaskan perlahan, biarkan dingin.
  8. Bahan filling: kocok whiptop dessert dengan air es hingga mengembang. Tambahkan cream cheese, Fiesta icing sugar, dan vanila hingga menyatu. Selanjutnya, tambahkan grated lemon zest dan juice lemon, aduk hingga rata.
  9. Setelah cake dingin, oleskan bagian permukaan dengan bahan filling dan stroberi segar, lalu gulung rapi dan bungkus rapat dengan kertas roti.Simpan di dalam lemari es, sajikan.sumber: Patissera 2014. 
Media Indonesia, 16/11/2014, halaman 23

0 komentar:

Posting Komentar